AS Roma

MY FAVORITE CLUB - AS Roma

Position
Play
Win
Draw
Lost
Goal Drought
Points
AS Roma didirikan pada musim panas 1927 oleh Italo Foschi dengan cara menggabungkan 3 klub sepak bola dari kota Roma, Italia yaitu Roman FC, SS Alba-Audace dan Fortitudo-Pro Roma SGS. Alasan adalah untuk membentuk sebuah klub sepak bola yang tangguh untuk menjadi rival dari klub-klub sepak bola Italia bagian Utara. Namun dari penggabungan ini, ada satu klub di kota Roma waktu itu yang tidak mau bergabung, yaitu Lazio karena suatu intervensi dari Jenderal Vaccaro, anggota klub dan eksekutif dari Federasi Sepak Bola Italia.

Klub ini memainkan musim yang paling awal di stadion Motovelodromo Appio, sebelum akhirnya menetap di Campo Testaccio pada November 1929. Sebuah awal musim yang baik dimana AS Roma berhasil finish di posisi ‘runner up di bawah Juventus pada musim 1930-1931. Kapten Attilio Ferraris bersama dengan Guido Masetti, Fulvio Bernardini dan Rodolfo Volk merupakan pemain yang sangat vital selama periode ini.

Sampai saat ini kejuaraan antar klub Eropa yang pernah dimenangkan oleh Roma adalah Piala Inter-Cities Fairs pada periode 1960-1961 yang merupakan cikal bakal dari kejuaraan UEFA Europa League. Sayangnya kompetisi Piala Inter-Cities Fairs kala itu tidak di selenggarakan oleh UEFA sehingga sebagai konsekuensinya UEFA tidak menganggap raihan juara klub-klub di Piala Inter-Cities Fairs termasuk AS Roma untuk menjadi bagian dari catatan Eropa mereka.

AS Roma sukses meraih juara Serie A sebanyak tiga kali, gelar pertama diraih pada 1941-42 kemudian pada 1982-1983 dan terakhir pada 2000-01, dan juga telah memenangkan sembilan gelar Coppa Italia dan Piala Super Italia dua gelar. Di kancah Eropa, AS Roma sukses meraih Piala Inter-Cities Fairs pada 1960-61, dan pada 1983-84 Roma berhasil masuk ke final Piala Eropa meski gagal meraih kemenangan setelah kalah kala bertandang ke markas Arsenal, dan keluar sebagai runner-up piala UEFA pada 1990-1991 setelah kalah agregat oleh Inter Milan.

Saat ini Roma dan Lazio sama-sama bermarkas di Stadion Olimpiade Roma. Dengan kapasitas lebih dari 72.000, Stadion Olimpiade Roma menjadi terbesar kedua di Italia. Pada bulan September 2009 klub berencana untuk membangun stadion berkapasitas 55.000 yang baru di pinggiran barat Roma.

Rencananya stadiun akan dibangun meniru model stadiun sepak bola yang ada di Inggris tujuannya agar penonton dapat melihat lebih dekat ke arah lapangan. Pada September 2011, AS Roma sudah mencapai kesepakatan dengan walikota Roma, Gianni Alemanno, untuk membanggun stadiun baru pada tahun 2016.
GOALKEEPERS
DEFENDERS
MIDFIELDERS
FORWARD